Cara Mudah Mengontrol Kadar Asam Urat Tinggi

Cara Mengontrol Kadar Asam Urat Tinggi


Menjadi sehat bukan untuk acara-acara khusus. Merupakan tantangan sehari-hari untuk membentengi diri Anda dari dalam. Nutrisi yang baik sama pentingnya dengan menumbuhkan kebiasaan sehat tertentu untuk mengurangi risiko terjerumus ke beberapa penyakit gaya hidup kronis yang menjadi semakin umum. Dengan jadwal sibuk kami dan pilihan yang nyaman, memiliki kadar asam urat yang tinggi adalah salah satu masalah yang bisa Anda hadapi.

Asam urat adalah zat kimia yang ditemukan dalam darah Anda yang dibuat ketika zat yang disebut purin dipecah dalam tubuh Anda. Purine ditemukan dalam makanan seperti kacang polong, bayam , ikan teri, jamur, kacang kering dan bahkan bir.

Sebagian besar asam urat yang terbentuk dalam tubuh larut dalam darah dan diekskresikan melalui ginjal. Jika tubuh Anda memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak mampu menghilangkannya, itu dapat menyebabkan hiperurisemia. Tingginya kadar asam urat dalam tubuh dapat dideteksi melalui tes darah.

Baca : obat asam urat mosehat

Ahli Gizi yang berbasis di Bangalore, Dr. Anju Sood menjelaskan ini dengan sederhana, “Tiga komponen penting makanan adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Setelah protein dimetabolisme, produk akhir yang terbentuk adalah asam urat yang dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat menghasilkan lebih banyak urat yang sering terakumulasi di tubuh bagian bawah.

”Tingginya kadar asam urat dalam tubuh Anda dapat menyebabkan beberapa masalah. Ini mengarah pada pembentukan kristal padat di dalam sendi yang menyebabkan kondisi menyakitkan yang disebut gout . Ini juga dapat menyebabkan batu ginjal dan menyebabkan gagal ginjal pada kasus yang parah. Jumlah asam urat dalam tubuh Anda dapat dideteksi melalui tes darah sederhana dan oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan rutin.

Kisaran normal asam urat dalam tubuh Anda adalah 3,4 hingga 7 mg / dL untuk pria dan 2,4 hingga 6 mg / dL untuk wanita.


Dr. Sood menyarankan, “Anda harus minum banyak air untuk membuang kelebihan asam urat dari tubuh. Juga, makan banyak buah dan sayuran segar. "

Inilah Beberapa Pengobatan Rumah yang Dapat Membantu Anda Mengontrol Kadar Asam Urat Tingkat Tinggi:

1. Cuka Sari Apel


Campurkan satu sendok teh cuka sari apel organik ke dalam segelas air dan minum ini setiap hari. Cuka sari apel bertindak seperti pembersih alami dan detoksifikasi. Ini mengandung asam malat yang membantu dalam memecah dan menghilangkan asam urat dari tubuh. Apel juga mengandung asam malat dan Anda harus makan setidaknya satu kali sehari.

(Baca Juga:  Makanan Kaya Purin: Makanan yang Dimakan Secara Moderasi Untuk Mengontrol Gout )

2. Jus jeruk nipis


Ayuveda Ahli Dr. BN Sinha menyarankan Anda harus minum air jeruk nipis setidaknya dua kali sehari untuk menghilangkan kelebihan asam urat. Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang membantu melarutkan asam urat. Anda juga harus mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti amla , jambu biji , dan jeruk.

3. Makan buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan


Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Maryland menunjukkan bahwa Anda harus menambahkan lebih banyak buah kaya antioksidan seperti ceri, blueberry dan stroberi . Buah berwarna gelap mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin yang membantu mengurangi peradangan dan kekakuan. Makanan alkali seperti tomat dan paprika juga membantu menyeimbangkan kadar asam dalam tubuh Anda.


4. Biji seledri


Biji seledri kaya akan asam lemak Omega-6 dan minyak diuretik lainnya. Sebagai diurektik yang kuat, membantu membersihkan sistem kelebihan cairan dengan merangsang ginjal untuk membuang asam urat. Ini membuat darah Anda menjadi alkali dan juga menurunkan peradangan di dalam tubuh. Anda dapat mengambil setengah sendok teh biji seledri kering sekali sehari tetapi ingat untuk memiliki banyak air dengannya.

5. Makanan berserat tinggi


Penelitian yang sama yang dilakukan oleh University of Maryland juga merekomendasikan Anda harus menambahkan lebih banyak makanan berserat tinggi ke dalam makanan Anda untuk mengendalikan kadar asam urat dalam darah. Serat makanan menyerap kelebihan asam urat dalam darah Anda dan membantu menghilangkannya dari tubuh Anda. Oat, pisang, dan biji-bijian seperti jowar dan bajra  adalah sumber serat larut yang baik.

Oat, pisang, dan biji-bijian seperti jowar dan bajra adalah sumber serat larut yang baik.
Ikuti solusi alami ini untuk mengontrol kadar asam urat yang tinggi

Sekian!

Cheers : Semangat Ya Fajri Ngejar Keyword Obat Asam Urat

Comments

Popular posts from this blog

Jual Blog Zombie Blogspot Eklablog

Sejarah Solahart Mesin Pemanas Air